PREFERENSI KUMBANG AMBROSIA sp (Coleoptera : Platypodidae)TERHADAP Platypus . LAPISAN KAYU TANAMAN SONO KEMBANG ( Pterocarpus indicus Willd.)

No Thumbnail Available
Date
2020-07
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Jurnal Agrosainta
Abstract
Kumbang Ambrosia Platypus sp menyebabkan kematian tanaman sono . kembang ( Pterocarpus indicus Willd.) di kota malang. Kumbang ini dapat membuat gerekan sampai pada lapisan heartwood kayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi Platypus sp terhadap lapisan kayu tanaman sono kembang. Penelitian ini dilakukan di beberapa wilayah kota Malang dan Laboratorium Hama Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “choice Test” dan parameter yang diamati yaitu jumlah serangga yang mendatangi setiap perlakuan. Hasil penelitian uji preferensi terhadap lapisan kayu sono kembang menunjukkan bahwa serangga Platypus sp lebih tertarik pada lapisan kayu sapwood . dibandingkan dengan lapisan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya senyawa volatil golongan terpenoid yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan kayu lainnya. Lapisan kayu sapwood ini terdiri dari sel-sel yang masih aktif dan sebagai tempat sintesis senyawa kimia. Beberapa senyawa hasil sintesis merupakan senyawa volatil. Sehingga senyawa volatil ini yang menyebabkan serangga Platypus sp lebih tertarik untuk mendatangi.
Description
Keywords
Kumbang Ambrosia ( Platypus sp Tanaman sono .), kembang ( Pterocarpus indicus Willd.), preferensi serangga, senyawa volatil.
Citation