Keragaan Kinerja dan Kapasitas Balai Benih Induk (BBI) dalam Penyediaan Benih Padi di Provinsi Banten

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten
Abstract
Untuk mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan yaitu padi dan kedelai di Provinsi Banten perlu dukungan sistem perbenihan varietas unggul baru melalui 6 tepat (waktu, mutu, varietas, tempat, jumlah dan harga). Benih varietas unggul padi yang digunakan petani sebagian besar bersumber dari penangkar dan hasil panen sendiri (save seed) dan hanya sebagian kecil yang berasal dari produksi Balai Benih Induk (BBI). Kondisi ini menggambarkan tupoksi BBI belum optimal dalam penyediaan benih berkualitas bagi petani di wilayahnya. Tujuan dari pengkajian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai keragaan kinerja dan kapasitas BBI di Provinsi Banten. Pengumpulan data dan informasi BBI dilakukan dengan metode survey di 5 Kabupaten/Kota wilayah BBI yang terdapat di Provinsi Banten pada Tahun 2013. Data informasi kinerja dan kapasitas BBI dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada pengelola BBI. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kinerja dan kapasitas BBI Kec. Bojongleles di Kabupaten Lebak dan BBI Kec. Caringin di Kabupaten Pandeglang lebih baik dari pada BBI Kabupaten Serang dan Tangerang. BBI Kec. Bojongleles mampu memproduksi benih sumber padi (kelas SS dan ES) rata-rata 50 ton per tahun varietas Ciherang, IR-64, Mekongga, Cigeulis. Selanjutnya BBI Kec. Caringin mampu memproduksi benih padi varietas Mekongga kelas SS rata-rata 5 ton/musim, sedangkan BBI Kec. Sepatan, Tegal Kunir dan Kampung Melayu di wilayah Kabupaten Tangerang dan BBI Ciruas, Padarincang dan Terate di wilayah Kabupaten Serang sejak tahun 2013 tidak memproduksi benih sumber.
Description
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai keragaan, kinerja dan kapasitas BBI di Provinsi Banten.
Keywords
Penyediaan benih, Research Subject Categories::F Plant production/Produksi Tanaman::F03 Seed production/Produksi dan Perlakuan terhadap Biji dan Benih
Citation
Collections