Warta Inovasi

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 20
  • Item
    Warta BPSIP Jawa Tengah Vol 01 2023
    (BPSIP Jawa Tengah, 2023) Kusumasari, Aryana Citra
    BPSIP Jawa Tengah merupakan salah satu unit kerja dibawah BSIP (Badan Standardisasi Instrumen Pertanian) yang ditetapkan pada tanggal 21 September 2022. Mandat dan fungsi BSIP secara khusus terkait dengan standardisasi berbagai alat pertanian dan mendukung peran BSN dalam pengembangan standar di bidang pertanian sampai dengan RSNI 3 (Tingkat K/L), kemudian akan diidentifikasi oleh BSN sebagai SNI. Melalui pengenalan standardisasi instrumen pertanian menjadi sangat diperlukan mengingat pentingnya jaminan penerimaan produk di pasaran baik lokal maupun internasional.
  • Item
    Industri Pertanian 4.0
    (BPTP JATENG (Warta), 2019) Hermawan, Agus; Setiani, Cahyati; BPTP JATENG
    Revolusi industri selalu ditandai dengan penemuan teknologi yang mapu merubah tatanan kehidupan manusia. RI 1.0 ditemukan mesin uap yang dapat menggantikan tenaga manusia dan hewan. RI 2.0 ditemukan energi listrik yang dapat menghasilkan produksi dalam jumlah besar yang memicu penemuan lainnya seperti lampu, mesin telegraf, dan teknologi ban berjalan. RI 3.0 melahirkan teknologi informasi dan proses produksi yang dikendalikan secara otomatis
  • Item
    Mendukung Kostratani
    (BPTP JATENG (Warta), 2020) Pramono, Joko; Hermawan, Agus; Hartoyo, Budi; BPTP JATENG
    Ketersediaan pangan menjadi prioritas utama, Pasar Mitra Tani menydiakan kebutuhan poko pangan dengan mengintensifkan penjualan melalui pasar tani dan TTI (Toko Tani Indonesia) yang penjualannya dilakukan secara langsung maupun via goshop yang berminat dengan ojek online.
  • Item
    Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045
    (BPTP JATENG (Warta), 2019) Hermawan, Agus; Sahru Romdon, Anggi; Pramono, Joko; BPTP JATENG
    Era indonedia emas, adalah puncak dari kekayaan inndonesia diberbagai bidang, termasuk bidang pertanian. Melalui Kementerian Pertanian Indonesia akan berupaya menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Sehingga indonesia bukan lagi sebagai pengimpor pangan, tetapi pengekspor pangan.
  • Item
    PRIMA TANI Teknologi, Petani, dan Industri Pedesaan
    (BPTP JATENG (Warta), 2007-06) K, Ekaningtyas; MD, Dian; H, Wahyudi; Sisca, Sherly; BPTP JATENG
    Teknologi Pertanian, sebagai faktor pemacu dan pemicu pembangunan pertanian, bisa menjadi komponen pokok pencapaian keberhasilan program. Masalahnya, apakah para penggunanya memberikan interprestasi yang sama terhadap daya guna dan hasil guna yang diakibatkannya.