Variabilitas tanaman buah-buahan spesifik lokasi Kalimantan Barat

No Thumbnail Available
Date
2014
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
BBP2TP
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui variabilitas plasma nutfah tanaman buah lokaldi Kabupaten Pontianak, Bengkayang, Sanggau, dan Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan sampel petani yang dipilih sebanyak 30 sarnpel berada dalam satu wilayah administrasi. Data hasil inventarisasi di analisis dengan analisis Diversitas menggunakan Indeks Shanon. Untuk mengetahui tingkat kemiripan struktur spesies antar 2 wilayah digunakari koefisien Sorenson (SC). Hasil penelitian menunjukkan bahw9 : 1) Spesies tanaman buah yang ada di KalimantanBarat adalah berjumlah 118 spesies yang tersebar di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Pontianak 63 spesies, Kabupaten Sanggau 73 spesies, Kabupaten Bengkayang 60 spesies, dan Kabupaten Kubu Raya 56 spesies. 2) Berdasarkan indeks Shannon (H) menunjukkan bahwa keragaman spesies tanaman buah tertinggi ada di Kabupaten Sanggau dan terendah di Kabupaten Kubu Raya. Sedangkan berdasarkan indeks kesamaan (EH) tertinggi 0,68 ada di Kabupaten Sanggau, ini menurtjukkan bahwa di Kabupaten Sanggau kelimpahan semua spesies tanaman buah lebih banyak dibandingkan Kabupaten lainnya. 3) Berdasarkan Nilai Koefisien Sorenson diketahui bahwa tingkat kemiripan spesiesi tanaman buah tertinggi ada pada Kabupaten Pontianak dengan Kabupaten Bengkayang (0,73) , sedangkan tingkat kemiripan spesies terendah ada pada Kabupaten Sanggau dengan Kabupaten Kubu Raya (0,60)
Description
Kalimantan Barat merupakan daerah tropis dengan curah hujan > 3600 mm . Selain itu Kalimantan Barat memiliki agroekosistem yang beragam, terdiri dari agroekosistem lahan pasang surut, lahan sawah dan lahan kering, dengan topografi datar, bergelombang sampai berbukit. Dengan agroekosistem yang beragam menyebabkan Kalimantan Barat dikaruniai keanekaragaman sumberdaya genetik atau plasma nutfah tanaman buah yang sangat kaya diantaranya dari species Durio sp, Baccaurea sp, Citrus sp. Oryza sp. Lancium sp. dan lain-lain. Kekayaan plasma nutfah berbagai jenis tanaman buah ini harus dapat dilestarikan dan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, selain itu juga plasma nutfah buah ini sangat bermanfaat sebagai tetua persilangan untuk menghasilkan varietas unggul baru dari berbagai jenis tanaman buah yang akan dikembangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui variabilitas plasma nutfah tanaman buah Kalimantan Barat.
Keywords
Inventarisasi, Pola Kekerabatan, Plasma Nutfah, Padi Lokal, Kapuas Hulu, : Variabilitas, plasma nutfah, buah, Kalimantan Barat
Citation