Tingkat Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Anggrek Indonesia di Pasar Jepang

No Thumbnail Available
Date
2020-04
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies
Abstract
Sebagai negara dengan tingkat biodiversitas terbesar kedua di dunia, Indonesia memiliki potensi florikultura yang melimpah. Potensi tersebut antara lain potensi agroklimat, keragaman jenis, lahan, teknologi dan sumber daya manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor anggrek Indonesia di pasar Jepang. Data perdagangan (ekspor) anggrek Indonesia dengan kode pos tarif/ HS 0602 digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Revealed Symmetry Comparative Advantage (RSCA) dan Export Competitiveness Index (ECI) masing-masing digunakan untuk menganalisis keunggulan komparatif dan kompetitif. Indonesia memiliki pangsa ekspor lebih rendah dibandingkan dengan negara eksportir lainnya. Indeks RSCA menunjukkan bahwa Indonesia bersama dengan negara eksportir lainnya tidak memiliki keunggulan komparatif di pasar anggrek Jepang. Relatif tidak berdaya saingnya negara eksportir tersebut secara komparatif mengindikasikan bahwa pasar anggrek Jepang relatif kompetitif. Berbeda halnya dengan keunggulan komparatif, Indonesia memiliki keunggulan kompetitif. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa anggrek Indonesia memiliki daya saing kompetitif dalam berkompetisi dengan negara eksportir lainnya. Untuk meningkatkan daya saing anggrek Indonesia diperlukan pengembangan sistem informasi khsusnya dalam melakukan promosi ke pasar tujuan. Promosi yang gencar diperlukan untuk menciptakan peluang pasar baru bagi anggrek Indonesia.
Description
Keywords
Anggrek, ECI, Daya Saing,, RSCA
Citation